Minggu, 03 Juni 2012

Manusia dan Tanggung Jawab


A. Pengertian Tanggung Jawab

Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tangung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

B. Macam-macam tanggung jawab

Manusia itu berjuang memenuhi keperluannya sendiri atau untuk keperluan pihak lain. Untuk itu ia manghadapi manusia lain dalam masyarakat atau menghadapi lingkungan alam. Dalam usahanya itu manusia juga menuadari bahwa ada kekuatan lain yang ikut menentukan yaitu kekuasaan Tuhan.

(a) Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggug jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.

(b) Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga merupakan bentuk kelompok  masyarakat terkecil. Keluarga terdiri dari suami-istri, ayah-ibu dan anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan.

(c) Tanggung jawab terhadap Masyarakat
Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai mahluk sosial. Sehingga pada dasarnya manusia haruslah memiliki kesadaran sebagai makhluk sosial yang bertanggung jawab terhadap lingkungan masyarakat di sekitarnya.

(d) Tanggung jawab kepada Bangsa / Negara
Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara.Contoh :
Dalam novel jalan tak ada ujung karya Muchtar Lubis, Gum Isa yang tekenal sebagai guru yang baik, terpaksa mencuri barang-barang milik sekolah demi rumah tangganya., Perbuatan guru ini bisa pula dipertanggungjawabkan kepada KEPSEK kalau perbuataan itu diketahui ia dapat berurusan dengan pihak kepolisian dan pengadilan.

(e) Tanggung jawab terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsang terhadap Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama. Tanggung jawab terhadap Tuhan dapat kita wujudkan dalam memelihara ciptaannya. Selain  itu bentuk tanggung jawab yang lain   terhadap tuhan adalah dengan menghargai sesama manusia.


C. Artikel

Negara Harus Tanggung Jawab Selesaikan Lapindo

Liputan6.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Pramono Anung menyatakan berlarutnya persoalan lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, dapat membuat masyarakat makin merugi. Untuk itu, Pram, meminta agar masalah ganti rugi korban dapat segera diatasi sebelum tahun 2014.

"Sebenarnya semakin merugikan bagi kita semua. Perlu upaya sebelum 2014 itu terutama persoalan ganti rugi dan persoalan penempatan orang-orang yang terkena dampak musibah Lapindo ini segera diatasi," kata Pramono Anung di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (29/5).

Menurut Pram pemerintah perlu memikirkan jalur alternatif transportasi umum. Sebab jalan di kawasan lumpur itu kian menyempit. "Saya sering kali lewat jalan ke arah Pasuruan, Probolinggo, dan lain sebagainya. Sangat terganggu dengan kondisi itu," katanya.

Lebih jauh politisi PDI Perjuangan ini mengatakan negara harus bertanggungjawab untuk menyelesaikan masalah ini. Bila negara menetapkan akan membebankannya kepada perusahaan, itu urusan negara. "Dan urusan perusahaan, bukan urusan rakyat," tandas Pram.

Panjangnya proses penyelesaian, lanjut Pram, tidak penting lagi mencari siapa yang bersalah. Baginya yang terpenting persoalan Lapindo harus diatasi dengan segera. "Kan waktu itu memang sudah diambil alih oleh pemerintah, ya," ungkap Pram. (ALI/JUM)




D. Tanggapan


Tanggung jawab adalah sifat terpuji yang mendasar dalam diri manusia. Selaras dengan fitrah. Tapi bisa juga tergeser oleh faktor eksternal. Setiap individu memiliki sifat ini. Ia akan semakin membaik bila kepribadian orang tersebut semakin meningkat. Ia akan selalu ada dalam diri manusia karena pada dasarnya setiap insan tidak bisa melepaskan diri dari kehidupan sekitar yang menunutut kepedulian dan tanggung jawab. Inilah yang menyebabkan frekwensi tanggung jawab masing-masing individu berbeda.


Fadhli Dzil Ikram
52411566
1IA07
Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar